Disini kami akan memberikan tips atau cara managemen bagi anda yang akan membuka usaha toko.ibarat pepatah mengatakan:”Ilmu Itu Sebelum Perkata’an & Perbuatan”,maka dari itu kami akan membagi ilmu nya bagaimana cara agar usaha toko anda lebih aman & terkendali atau bahkan lbih menguntungkan bagi anda.
Berikut langkah-langkah dalam managemen bisnis pertokoan:
1-TEMPAT
- Tentukan tempat yang strategis & sesuai.seperti bila anda menjual alat tulis,maka yang harus anda cari adalah tempat-tempat yang dekat sekolahan,kampus,atau perkantoran.jika anda menjual makanan atau minuman bisa anda cari tempat keramaian seperti terminal,tempat hiburan/wisata,pasar,& masih banyak lagi contoh lainnya.
-Pilih tempat bisnis anda yang di prediksi bebas dari bencana alam/cuaca buruk seperti banjir,tanah longsor,&lain-lain.walaupun bencana bisa terjadi kapan saja dengan kehendak yang maha kuasa,setidaknya kita telah berusaha mencari tempat yang aman di samping berdo’a.
-Pilih tempat yang mempunyai lahan parkir yang luas atau paling tidak dekat dengan parkiran umum,agar supaya memudahkan pelanggan yang membawa kendara’an.emangsih masalah parkiran kelihatannya sepele namun bisa jadi pelanggan tidak jadi mengunjungi toko anda karena bingung untuk memarkirkan kendara’annya.
-jika anda mengontrak toko sebaiknya pilih yang semurah mungkin agar pengeluaran bulanan atau tahunan anda tidak terlalu besar.
-atur tataletak barang & lainnya.pisahkan barang yang belum di taruh etalase/rak & barang yang masih terpacking.atur posisi rak sedemikian rupa agar pembeli mudah mencari barang yang di inginkan.atur juga tempat kasir.atur juga desain nama/logo toko anda agar menarik para pembeli.
2-ALAT
Persiapkan alat-alat yang di butuhkan oleh toko seperti: etalase,rak,komputer,cctv,atau yang lainnya.
Hitung semua biaya nya dan masukkan kedalam hitungan modal mati atau mungkin bisa juga ke dalam modal/pengeluaran tahunan.
3-BARANG DAGANGAN
-belilah barang langsung dari agen atau bila perlu langsung dari pabriknya agar anda memperoleh barang yang lebih murah & anda dapat menjualnya dengan keuntungan yang lebih banyak.atau mungkin anda dapat menjual dengan harga yang lebih murah dari yang lainnya sehingga anda dapat menarik banyak pelanggan & anda tetap mendapatkan untung.
-perhatikan masa expired barang & pilih barang yang masa expired nya panjang agar tidak mengecewakan pembeli atau bahkan merugikan toko anda karena tidak mudah terjualnya barang tersebut.
-catat semua barang masuk/yang di kulak,barang yang terjual,&barang yang rusak atau expired.
-kenali barang,dengan mengenal barang yang akan anda jual maka anda dapat menjelaskan kelebihan barang tersebut kepada pengunjung agar pengunjung tertarik & anda juga harus menjelaskan kekurangannya agar tidak mengecewakan pelangga, sehingga pelanggan tidak kapok untuk membeli lagi ke toko anda.
4- PEGAWAI
Jika anda menggunakan jasa pegawai sebaiknya anda menyesuaikan dengan penghasilan toko anda & jangan memaksakan agar tidak merugikan keuangan toko anda.
Pilihlah pegawai yang jujur & bertanggung jawab.
Sediakan catatan khusus untuk pembayaran gaji karyawan,termasuk di dalamnya daftar absensi.
5- PEMASARAN
Pemasaran adalah ujung tombak dari lancarnya usaha kita baik usaha pertokoan ataupun usaha dagang lainnya.pemasaran bisa di lakukan dalam beberapa hal diantaranya:
-pemilihan lokasi yang strategis
-membuat bener toko anda & menu barang yang di jual di toko anda
-menyebar brosur
-mengiklankan melalui koran,tv,atau radio
-mengiklankan secara online di media sosial atau website tertentu.
Hitung semua biaya iklan agar bisa di masukkan dalam pembukuan keuangan sebagai pengeluaran bulanan.
6- PEMBUKUAN KEUANGAN
Catat semua pengeluaran & pemasukan,kemudian masukkan kedalam buku besar setiap bulannya.
Ada beberapa jenis pembukuan yang harus anda catat:
1- PEMBUKUAN PENGELUARAN
Masukkan dalam buku pengeluaran:
-ongkos sewa tempat perbulan,jika tahunan ongkos tahunan di bagi 12.
-ongkos alat-ala/ keperluan toko perbulan.
-biaya kulakan barang & ongkos kirim jika ada.
-biaya pengeluaran bulanan seperti listrik,pdam,atau mungkin internet bila di perlukan.
-bayar pegawai.
-pembayaran hutang toko.
2- PEMBUKUAN PEMASUKAN
Termasuk pembukuan pemasukan hasil penjualan,hutang,investasi,dll.
3- PEMBUKUAN BUKU BESAR
Kumpulkan semua total pembukuan pengeluaran dan pembukuan pemasukan dalam satu buku.& untuk pembukuan toko lebih efektifnya di hitung perbulan.
toko di katakan rugi perbulannya jika jumlah pengeluaran lebih besar dari pada jumlah pemasukan dalam satu bulan.& yang harus anda tulis dalam buku kerugian adalah hasil dari jumlah pengeluaran di kurangi jumlah pemasukan.
Toko di katakan untung perbulannya jika jumlah pemasukan lebih besar dari pada jumlah pengeluaran dalam satu bulan.& yang harus anda tulis dalam buku keuntungan adalah hasil pengurangan jumlah pemasukan dikurangi jumlah pengeluaran.
4- BUKU UNTUNG/RUGI
Catatlah untung atau rugi toko setiap bulannya.agar anda bisa mengevaluasi & meningkatkan performa toko anda.jika di bulan ini toko anda untung maka keuntungan bulan ini di gunakan menutup kerugian toko di bulan yang lalu jika ada.& sisa dari keuntungan bisa anda pakai & beberapa persen bisa anda kumpulkan untuk biaya pengembangan toko anda.
Sekian pembahasan singkat tentang managemen bisnis usaha toko dari kami semoga bermanfa’at.
#ENGLISH LEAGUE:
Here we will give you tips or management means for you that will open toko.ibarat proverb says: "Science That Before Perkata'an & Deeds", and therefore we will share his knowledge how to order your store business more secure and controlled or lbih even profitable for you.
Here are the steps in business management shops:
1-PLACE
- Define a strategic place and sesuai.seperti when you sell stationery, then should I look for is places near schools, colleges, or perkantoran.jika you sell food or drinks you can find crowded places such as terminals, entertainment / travel, market, and many more other examples.
-Choose your business place in the free prediction of natural disasters / bad weather such as floods, landslides, and other disaster-lain.walaupun could happen at any time by the will of the almighty, at least we have tried to find a safe place in addition to pray ,
-Choose a place that has a wide parking area or at least close to public parking, in order to facilitate the customers who bring kendara'an.emangsih parking problems seem trivial but it could be a customer does not visit your store because of confusion to park kendara'annya.
-If you sign shop should select the lowest possible monthly or yearly expenses so you are not too large.
-Set layout lainnya.pisahkan goods and goods that have not been placed storefront / rack and goods that are still terpacking.atur rack position so that shoppers easily locate items in inginkan.atur also place kasir.atur also designs the name / logo of your store so that attract buyers.
2-TOOLS
Prepare the tools needed by stores such as storefronts, shelves, computers, cctv, or others.
Calculate all her expenses and enter into the capital count dead or could possibly also into capital / annual expenditure.
3-MERCHANDISE
-belilah goods directly from the agent or if necessary, directly from the manufacturer so that you get the goods cheaper and you can sell them at a profit more banyak.atau maybe you can sell at a cheaper price than the other so that you can attract more customers and you fixed profit.
-Notice period expired items and select items of her lengthy period expired in order not to disappoint the buyer or even detrimental to your store because it is not easy to sell out the goods.
-catat all incoming goods / which kulaks, the goods are sold, and the goods are damaged or expired.
-Identify goods, knowing that you sell goods then you can explain to visitors the advantages of the products that they are interested and you also have to explain the shortcomings in order not to disappoint the customer, so the customer does not give up to buy into your shop.
4- EMPLOYEES
If you use the services of an employee with an income should you adjust your shop and do not impose financial order not to harm your store.
Choose an employee who honestly and responsibly.
Take special note for the payment of employee salaries, including the attendance list.
5- MARKETING
Marketing is the cornerstone of our efforts nice smooth business or commercial enterprise lainnya.pemasaran shopping can be done in several ways including:
-Selection strategic location
Ko-make your shop and menu items sold in your store
-menyebar brochure
-mengiklankan through newspapers, TV, or radio
-mengiklankan online in social media or specific websites.
Calculate all the advertising costs to be entered in the accounting records as monthly expenses.
6- FINANCIAL BOOKKEEPING
Record all expenses and income, and then enter it into the general ledger each month.
There are several types of bookkeeping you should note:
1- ACCOUNTING PRODUCTION
Enter in book production:
-ongkos rent per month, if the annual fees for the 12th annual.
-ongkos tool-ala / monthly shop purposes.
-cost wholesale items and postage if any.
-cost monthly expenses such as electricity, PDAM, or perhaps the Internet when in need.
-Pay officials.
debt payment a store.
BOOKKEEPING 2- SUBMISSION
Including bookkeeping income from the sale, debt, investment, etc.
3- ACCOUNTING LEDGER
Collect all of the total expenditure bookkeeping and accounting income in one book, and for more effective bookkeeping store calculated monthly.
The store said the monthly income if the amount of the expenditure is greater than the amount of income in one month, and should you write in a book loss is the result of the amount of expenditure in reducing the number of income.
Stores in saying profit per month if the amount of income is greater than the amount of spending in one month, and should you write in a book profit is the result of reducing the amount of income minus total expenses.
4- BOOK PROFIT / LOSS
Record profit or loss of each bulannya.agar store you can evaluate and improve the performance of stores in this month you.If you profit then stores this month advantage in using cover losses in the shop last month, if any. And the remainder of the advantages you can use and some percent could you collect for your store development costs.
A few brief discussion of the business management of our store business may bermanfa'at.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar